Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

17 Nov 2011

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat. The UN Convention on Rights of Persons with Disability (CRPD) mendefinisikan penyandang disabilitas adalah individu yang memiliki kerusakan fisik, mental, intelektual, atau sensorik jangka panjang yang dalam interaksinya dengan berbagai hambatan dapat merintangi partisipasinya dalam masyarakat secara penuh dan efektif berdasarkan pada asas kesetaraan. Konvensi PBB ini memandang disabilitas sebagai suatu fenomena sosial yang tidak hanya berkaitan dengan ketidakmampuan fungsi fisik para penyandang disabilitas, namun juga ditentukan oleh sikap dan perlakuan orang lain, serta kebijakan pemerintah.

Sementara jumlah penyandang disabilitas di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat dan mungkin akan melebihi 10% dari jumlah seluruh penduduk. Hal ini dikarenakan bahwa Indonesia sebagai negara sedang berkembang masih memiliki tingginya angka kecelakaan dan bencana alam; berapa banyak orang yang menjadi cacat atau mengalami disabilitas akibat letusan gunung merapi baru-baru ini, ledakan bom juga tawuran warga dan kecelakaan lalu lintas ataupun kecelakaan kerja.

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat.Tiga faktor penyebab lainnya yakni faktor usia lanjut, kelalaian manusia dan penyakit; kebutaan karena katarak masih tinggi di dunia ini disusul oleh glokoma, juga penyakit lain seperti stroke, diabetes, HIV/AIDS dan penyakit yang dikarenakan virus atau bakteri seperti polio, lepra, dan sebagainya, ataupun yang dikarenakan adanya komposisi zat tubuh yang tidak sesuai.
Disabilitas bisa terjadi dengan cara dan penyebab apapun, bisa terjadi kapan dan di mana saja, bahkan bisa terjadi kepada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, usia, ras, status, profesi, dll. Maka jelas bahwa disabilitas bukan merupakan isu eksklusif, melainkan isu inklusif lintas bidang pembangunan. Semua pihak berkepentingan memajukan, melindungi dan memenuhi hak penyandang disabilitas sebab pengakuan harkat dan martabatnya serta pemenuhan haknya sebagai bagian di dalam warga Bangsa menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan negara serta peningkatan kualitas hidup bangsanya.


TAGS Disabilitas dan Pandangan Masyarakat


-

Author

Follow Me